Kiat Sukses Beternak Ayam Kampung Skala Rumah Tangga


 
A. Informasi awal sebelum berternak 
 Pada budi daya maupun bisnis apa pun, informasi dan pengetahuan yang memadai sebelum usaha dijalankan menjadi kunci penting suksesnya usaha, termasuk pada budi daya ayam kampung. Jangan sampai setelah budi daya dijalankan muncul banyak kebingungan karena tidak menguasai teknisnya sehingga usaha peternakan yang dijalankan tidak optimal, bahkan mengalami kegagalan.

Pelajari terlebih dahulu berbagai aspek teknis budi daya ayam kampung sebelum mulai menjalankannya. Informasi bisa diperoleh dari berbagai media, seperti majalah, buku, hingga Internet. Dunia maya menjadi cara efektif untuk mengetahui keberadaan dan melakukan kontak dengan banyak peternak ayam kampung dari berbagai daerah di Indonesia.


Tidak cukup hanya membaca berbagai pustaka. Cari tahu keberadaan peternak di daerah sekitar dan di berbagai daerah lain, kemudian lakukan kontak. Jika memungkinkan, kunjungi peternakan bersangkutan sehingga mengetahui secara langsung kondisi peternakan ayam kampung.

Lakukan komunikasi dan tukar pikiran dengan peternak yang sudah berpengalaman mengenai berbagai hal terkait teknis budi daya ayam kampung. Apabila memungkinkan, pada awal usaha, lakukan kerjasama dengan cara membeli bibit dari peternak bersangkutan. Dengan cara ini biasanya si penjual bibit akan memberikan pengarahan tentang cara beternak yang baik.

Apabila ingin lebih mendalami teknis budi daya ayam kampung, sebelum memulai dapat mengikuti pelatihan budi daya ayam kampung yang sebenarnya sudah banyak dijalankan secara mandiri oleh peternak di berbagai daerah. Melalui pelatihan, calon peternak bisa mendapatkan mentor atau konsultan yang dapat "mendampingi" dan memberikan informasi terkait kendala budi daya selama peternakan berjalan. Cara seperti ini cukup efektif menghasilkan peternak-peternak ayam kampung baru yang sukses.

Selain diberikan kepada calon peternak, pelatihan atau penyuluhan budi daya ayam kampung juga banyak diberikan peternak yang sudah menerapkan sistem budi daya intensif, baik kepada masyarakat maupun peternak lain yang masih menjalankan sistem budidaya umbaran. Melalui pelatihan ini masyarakat dapat "membenahi" sistem pemeliharaan ayam kampungnya, sehingga lebih efisien sekaligus lebih aman dari penularan penyakit.

Selain itu, berpeluang menambah atau meningkatkan jumlah ayam yang dipelihara karena sudah mengetahui sistem pemeliharaan yang lebih baik. Pasalnya, selama ini banyak peternak sistem umbaran yang sudah merasa puas dapat memanen 10-20 ekor ayam kampung per minggu. Padahal, potensi usahanya masih dapat ditingkatkan, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas hasil panen.

Selain informasi teknis budi daya, informasi besarnya serapan pasar terhadap telur dan daging ayam kampung, baik di sekitar peternakan maupun daerah lainnya juga harus diketahui calon peternak. Informasi ini dapat dijadikan acuan dalam menentukan skala usaha peternakan yang akan dijalankan.
B. Memenuhi persyaratan budi daya
 Pola pemeliharaan ayam kampung sistem umbaran yang dijalankan masyarakat di berbagai daerah memang merupakan pola pemeliharaan warisan sejak dahulu kala. Sayangnya, pola pemeliharaan yang dijalankan ternyata kurang efisien dalam meningkatkan pertumbuhan bobot dan produksi telur, karena pakan dan pemeliharaan lainnya hanya dijalankan ala kadarnya.

Sebagai gambaran, ayam kampung yang dipelihara ala kadarnya mencapai pertumbuhan bobot 1 kg dalam waktu 6 bulan. Sementara, ayam kampung pedaging yang dipelihara intensif mencapai pertumbuhan bobot yang sama dalam waktu 2-2,5 bulan.

Karena itu, agar hasil budi daya optimal dan dapat memberikan keuntungan ekonomi sesuai yang diharapkan serta mencegah kerugian seperti di atas, peternakan yang dibangun harus memenuhi persyaratan lokasi dan teknik budi daya yang sesuai. Kondisi peternakan yang baik membuat peternak dapat menjalankan usahanya dengan tenang dan fokus pada pengembangan usahanya. Berbagai persyaratan budi daya ayam kampung yang baik dan benar dibahas di bab persiapan budi daya. Sementara itu, langkah-langkah yang dapat dilakukan peternak untuk mencegah penyakit menular "mampir" dan menimbulkan kerugian pada peternakannya bisa dibaca di bab penanggulangan hama dan penyakit.
C. Jelas menentukan arah peternakan,petelur atau pedaging
 Hingga saat ini, masih banyak para peternak ayam kampung yang sejak awal tidak menentukan dengan jelas arah peternakannya, apakah ingin beternak ayam kampung petelur atau pedaging. Masih sangat jarang peternak yang membudidayakan ayam kampung petelur atau pedaging secara khusus. Akibatnya, peternak tidak menggunakan DOC atau bibit yang tepat—bibit khusus petelur atau pedaging sehingga hasil dari peternakannya tidak optimal.

Kesalahan memilih bibit sejak awal jelas menimbulkan kerugian bagi peternak, terutama terkait biaya pemeliharaan. Jika kebetulan mendapatkan DOC pedaging, tetapi tidak mengetahuinya dan menjadikannya DOC petelur, tentu biaya pakan meningkat karena lamanya waktu pemeliharaan. Di lain pihak, hasil telur yang didapatkan juga tidak optimal. Begitu sebaliknya, jika bermaksud memelihara ayam kampung pedaging, tetapi ternyata yang dipelihara ayam kampung petelur. Biaya pakan yang dikeluarkan menjadi tidak sebanding dengan kenaikan bobot ayam.
D. Memulai dari tahab termudah
 Bagi peternak pemula yang belum memiliki pengalaman, sebaiknya memilih langkah termudah dalam memulai peternakannya. Kemudahan ini baik dari sisi teknis untuk meminimalkan risiko kegagalan maupun dari sisi investasi. Bagi peternak yang ban., menjalankan peternakan ayam kampung pedaging dapat memulai dengan membeli DOC untuk dibesarkan. Teknis pemeliharaannya relatif mudah dibandingkan dengan pemeliharaan ayam kampung petelur. Periode pembesaran pun relatif singkat, hanya sekitar 2-2,5 bulan sudah panen. Selanjutnya, jika berhasil melewati tahap pembesaran ayam kampung pedaging, peternak dapat menambah segmen usahanya, baik ke pembibitan ayam kampung pedaging maupun membudidayakan ayam kampung petelur.

Sebaliknya, jika ingin membudidayakan ayam kampung petelur dapat memulai dengan membeli dara ayam kampung petelur berumur 4-5 bulan. Selanjutnya, memeliharanya selama sekitar satu bulan hingga siap berproduksi (menghasilkan telur) pada umur 6 bulan. Pemeliharaan ini dianggap cukup singkat ketimbang membeli DOC petelur sehingga risiko kegagalan selama pemeliharaan menjadi lebih kecil.

Meskipun begitu, sebagian peternak pemula juga membeli DOC petelur dengan pertimbangan sejak kecil ayam sudah beradaptasi dengan lingkungan peternakan sehingga tidak perlu beradaptasi lagi saat mulai menghasilkan telur. Namun, jika ingin menjalankan teknik seperti ini sebaiknya peternak memiliki pendamping atau peternak ayam kampung petelur lain yang sudah berpengalaman, sehingga bisa berkonsultasi setiap saat. Tujuannya, tak lain untuk memastikan peternakan yang baru dikelolanya dapat berjalan dengan baik.
E. Memulai dari sekala kecil
 Tidak perlu terlalu terburu-buru berinvestasi besar untuk beternak ayam kampung, meskipun modal yang dimiliki mencukupi. Calon peternak ayam kampung, baik petelur maupun pedaging, yang baru pertama kali menjalankan usaha beternak ayam kampung tentu akan lebih "aman" jika memulainya dengan populasi yang tidak terlalu banyak. Misalnya, memulai dengan memelihara beberapa puluh atau ratus ekor ayam kampung.

Anggap saja periode awal beternak ini sebagai sarana pembelajaran sambil terus mencari tahu berbagai teknik pemeliharaan ayam kampung yang baik (Learning by doing). Memelihara ayam kampung pada tahap awal dalam jumlah tidak terlalu banyak juga menjadi sarana "masuk" ke berbagai komunitas peternak ayam kampung untuk "menimba" ilmu. Tentunya akan lebih banyak hal yang bisa didiskusikan bersama peternak lain jika sudah benar-benar memelihara.

Selanjutnya, berbagai pengalaman dan pengetahuan baru yang diperoleh selama periode pemeliharaan pertama digunakan sebagai bekal untuk periode peternakan berikutnya, termasuk mengembangkan skala peternakan. Jika pada periode pertama sudah berhasil, keuntungan yang diperoleh dapat digunakan untuk periode selanjutnya. Begitu pun sebaliknya, jika belum berhasil, modal yang ada tidak keburu habis seluruhnya sehingga bisa digunakan untuk menjalankan periode berikutnya dengan tambahan pengalaman dan pengetahuan bait sehingga peluang keberhasilan menjadi lebih besar.

Namun, jika memang langsung membudidayakan ayam kampung dalam skala besar, seperti diulas di atas, sebaiknya memiliki pendamping atau peternak senior. Peternak pendamping ini dapat memberikan pengarahan atau konsultasi selama proses budi daya berlangsung, sehingga jika terjadi kendala dapat ditangani lebih cepat dan tepat.
F. Waktu tepat memulai Budi daya
 Keadaan musim cukup berpengaruh terhadap budi daya ayam kampung, terutama saat memulai peternakan. Sebaiknya budi daya dimulai pada musim kemarau atau awal musim kemarau, karena akan memberikan kemudahan dalam proses pemeliharaan. Misalnya, pemeliharaan DOC pada malam hari tidak terlalu repot karena cuaca relatif mendukung. Sementara, pada musim hujan pemeliharaan DOC relatif lebih repot karena cuaca lebih dingin dan kelembapan lebih tinggi. Apalagi, pada masa pergantian musim (pancaroba), ternak lebih rentan terserang penyakit karena perubahan cuaca yang sering terjadi secara tiba-tiba.

APABILA BUDI DAYA TERPAKSA HARUS DIMULAI PADA SAAT MUSIM HUJAN, MAKA MANAJEMEN PEMELIHARAAN DOC MENGGUNAKAN KANDANG PEMANAS HARUS BENAR-BENAR BAIK. TUJUANNYA UNTUK MENEKAN TINGKAT SERANGAN PENYAKIT DAN KEMATIAN. TIDAK DISARANKAN MEMULAI USAHA BETERNAK AYAM KAMPUNG PADA MASA PANCAROBA.


Berdasarkan serapan pasarnya, budi daya ayam kampung dapat dilakukan sepanjang tahun karena permintaan pasar terhadap ayam kampung relatif stabil. Begitu pula harganya. Pada saat tertentu, seperti hari raya, serapan pasar terhadap ayam kampung pedaging meningkat drastis. Menjelang saat seperti ini produksi bisa ditingkatkan untuk memanfaatkan momen melonjaknya harga ayam.
G. Melengkapi perlengkapan peternakan dan melaksanakan manajemen pemeliharaan dengan baik
 Faktor lain yang berperan dalam kesuksesan sebuah peternakan ayam kampung adalah kelengkapan peralatan budi daya yang dimiliki dan pelaksanaan manajemen pemeliharaan yang baik. Berbagai keperluan budi daya ayam kampung harus cukup jumlah dan kualitasnya. Mulai tempat pakan dan minum hingga berbagai peralatan pendukung lainnya, seperti peralatan kebersihan kandang serta peralatan pencucian tempat pakan dan minum. Biasanya, peternakan yang sudah menerapkan teknik pemeliharaan semiintensif atau intensif sudah memiliki berbagai perlengkapan tersebut secara memadai.

Perlengkapan lain yang penting dan harus dimiliki peternakan ayam kampung, terutama usaha pembibitan, adalah genset dan cooling room. Genset diperlukan di peternakan ayam petelur yang juga menghasilkan DOC yang proses penetasannya menggunakan mesin tetas, baik manual maupun otomatis. Genset diperlukan jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik sehingga aliran listrik ke mesin tetas berhenti. Apabila lampu padam terlalu lama, tentunya akan mengakibatkan telur gagal menetas.

Perlengkapan penting lainnya yang dibutuhkan peternakan ayam kampung pembibitan adalah cooling room atau ruang khusus penyimpan telur yang dilengkapi pendingin udara. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan sementara telur, terutama telur tetas, sebelum dijual atau dimasukkan ke dalam mesin tetas. Khusus telur tetas, penyimpanan dalam ruangan bersuhu lebih rendah dari suhu ruang normal (sekitar 25° C) dapat mencegah terjadinya pertumbuhan embrio din! sebelum ditempatkan ke dalam mesin tetas.

Setelah semua perlengkapan peternakan tersedia, faktor selanjutnya yang mendukung kesuksesan budi daya ayam kampung adalah manajemen pemeliharaan yang dijalankan dengan balk. Mulai pemberian pakan, perawatan kandang dan perlengkapan kandang, hingga pemberian vaksinasi dan penyemprotan disinfektan di dalam kandang.Termasuk pencatatan history di peternakan sebagai bahan evaluasi ke depan.
H. Mencatat setiap kegiatan
 Salah satu kunci keberhasilan beternak ayam kampung adalah mencatat setiap kegiatan yang dilakukan, termasuk membuat catatan mengenai pengeluaran dan pemasukan yang diperoleh setiap harinya. Hal ini penting untuk mengetahui secara pasti modal dan keuntungan yang diperoleh, sehingga pada periode berikutnya peternak dapat mengalokasian anggaran dengan jelas.

Pencatatan juga dilakukan terhadap perkembangan jumlah populasi ayam di peternakan hingga setiap kejadian lain yang berlangsung, seperti program vaksinasi dan pemberian vitamin, kejadian jangkitan penyakit, banyaknya ayam yang terjangkit penyakit, hingga pola penanganannya. Termasuk catatan yang dibuat pada proses penetasan telur. Semua catatan kejadian di peternakan digunakan sebagai bahan evaluasi jika hasil budi daya yang didapatkan kurang optimal. Selain itu, dapat digunakan sebagai data untuk perkembangan dan kemajuan peternakan pada masa yang akan datang.

Share this article :
 

+ comments + 6 comments

October 17, 2015 at 10:15 AM

KISAH NYATA..............
Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jayapura Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 085320279333
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .

June 16, 2016 at 2:19 PM

Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly Wood untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu kelly

March 10, 2018 at 10:23 PM

Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

December 27, 2018 at 4:45 PM

Pada akhir tahun 2018 saya berharap semuanya menjadi lebih sukses di tahun yang akan datang yaitu tahun 2019. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas konten bagus ini. Saya permisi melakukan sedikit promosi ya bos.
klikqq
laga99
situs judi online
berita viral
bandarq online
judi online
cara menang judi
iphone xs max

Salam terhangat dan terdalam dari saya. Terima Kasih

July 22, 2020 at 12:10 AM

Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda membutuhkan dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com) Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

March 19, 2021 at 3:05 AM

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Oke Azis Template | Mas Oke Template
Copyright © 2012. Sentra Peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Oke Template
Proudly powered by Blogger